Sangeh, Berwisata Bersama Kera Di Alam Liar

Sangeh, Berwisata Bersama Kera Di Alam Liar

Satu lagi tempat wisata unik yang bisa kamu temukan di Bali yaitu Sangeh. Nama tempatnya cukup unik, bukan? Tempat wisata seperti Sangeh bisa jadi hanya kamu temukan di pulau Bali, loh!. Berlokasi di kecamatan Abiansemal tepatnya di desa Sangeh kabupaten badung ini cukup terkenal dan dikeramatkan. Sangeh merupakan kawasan hutan yang dihuni ratusan hewan kera abu-abu. Diperkirakan ada 700 kera abu-abu yang mendiami hutan seluas 14 ha ini.

Bila kamu berada di kota Denpasar maka Sangeh hanya tinggal berjarak 20 km saja dari ibukota propinsi Bali tersebut. Nama Sangeh sendiri terdiri dari dua kata yakni sang yang artinya orang dan ngeh yang bermakna melihat.  Cerita rakyat tentang Sangeh sendiri masih berhubungan dengan pohon pala yang yang menjulang hingga 50 meter di kawasan Sangeh ini. Alkisah kayu-kayu pala tersebut semula ingin melakukan perjalanan dari Bali timur menju Bali barat sayangnya tak sengaja ada orang yang melihatnya sehingga pohon tersebut berhenti lama hingga kini.

Selain kera daya tarik wisata alam ini terletak pada sebuah pura bernama pura Bukit Sari yang dibangun padai saat masa kerajaan Mengwi. Alasan inilah yang membuat Sangeh sangat dihormati dan dikeramatkan oleh warga sekitar. Selain pura Bukit Sari, ditengah hutan juga ditemukan pura yang lebih kecil yang diberi nama dengan pura Melanting.   Di kawasan ini kamu bisa bermain bersama kera yang biasanya mengunjungi pur-pura tersebut. Hati-hati ya jangan sampai barang bawaan kalian dibawa oleh monyet-monyet ini!.

Untuk memasuki tempat wisata ini tergolong murah abis sebab kamu cuman dipungut  Rp.10.000 per orang saja dan Rp.25.000 untuk wisatawan asing untuk tiket masuk. Murah kan! Selain itu kamu juga bisa berfoto besama kera-kera yang ada di tempat wisata ini. Kera—kera yang ada di Sangeh rata-rata telah jinak jadi aman untuk didekati dan bila kamu masih merasa takut bisa juga didampingi pemandu tempat wisata ini.

Tidak hanya pura Bukit Sari saja yang menarik dari tempat ini namun juga pohon palannya. Jika kamu menyusuri hutan Sangeh ini jangan heran bila kamu mendapati dua buah pohon pala besar yang sering disebut dengan pohon lanang wadon. Lanang diartikan sebagai laki-laki dan wadon adalah perempuan. Nama ini dipakai untuk kedua pohon pala tersebut dikarenakan bentuk  batangnya yang menyerupai kelamin laki-laki dan wanita.

Bagi wanita  yang sedang haid tidak diizinkan untuk berkunjung ke tempat ini. Jangan lupa bila berkunjung ke tempat ini bawalah beberapa pisang atau ketela untuk diberikan kepada kera-kera di Sangeh. Bila kamu bingung untuk mencari akomodasi yang dekat dengan tempat wisata Sangeh berkunjung saja ke website crownbaliholiday.com yang menyediakan informasi lengkap seputar liburan di Bali.

website:           http://www.crownbaliholiday.com

google+:          https://plus.google.com/+Crownbaliholiday/about

facebook:        http://www.facebook.com/crownbaliholiday

youtube:          http://www.youtube.com/c/crownbaliholiday

google+ plus:  https://plus.google.com/+Crownbaliholiday/posts

google map:    https://goo.gl/maps/wyYwwujqop5

About the Author

on Aug 18, 2016

Latest Blog

No Comments

Leave a Reply