Terpesona Eksotisme Gunung Rinjani Lombok

Terpesona Eksotisme Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani adalah salah satu pesona alam milik Pulau Lombok yang menggoda untuk ditaklukkan. Gunung indah dengan ketinggian sekitar 3.726 mdpl (meter diatas permukaan laut) ini memang menjadi favorit pendakian. Tidak hanya oleh pendaki lokal namun juga pendaki mancanegara. Cerita-cerita mengenai eksotisme gunung ini telah tersebar dan menggoda siapapun untuk mengeksplorasi gunung di Lombok ini.

Sama halnya dengan pendakian di gunung lain, pendakian di Gunung Rinjani Lombok ini dapat dikatakan tidak terlalu sulit jika kamu menemukan jalur yang tepat. Di Gunung Rinjani sendiri terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih yaitu Senaru, Sembarun, Torean dan Timba Nuh. Dari jalur-jalur tersebut, jalur pendakian Sembalun menjadi favorit.  Di jalur pendakian ini kamu akan melewati padang savana yang datar.

Saat melakukan pendakian di Gunung Rinjani kamu dianjurkan untuk menggunakan krim pelindung matahari atau sunscreen. Hal ini mengingat udara bisa menjadi sangat panas saat siang hari. Dalam pendakian Gunung Rinjani, para pendaki harus melalui 4 pos pendakian yaitu pos 1, pos 2, pos 3 dan pos Plawangan Sembalun sebagai pos terakhir. Selain itu para pendaki juga sangat disarankan untuk membawa air minum secukupnya, mengingat tidak semua pos yang dilewati terdapat mata air.

Lelahnya mendaki Gunung Rinjani akan terbayar lunas ketika kamu sampai di puncaknya. Keindahan Gunung Rinjani memang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Pagi, siang, sore dan malam hari tetap saja Gunung Rinjani memiliki keindahan yang luar biasa. Ketika di malam hari, kamu akan disuguhi keindahan langit yang luar biasa indah dengan taburan bintangnya. Pesona sunset dan sunrise di Gunung Rinjani juga tidak bisa disepelekan lho. Percayalah kamu akan merasa tinggal di negeri atas awan.

Salah satu tempat favorit para pendaki adalah Danau Segara Anak. Danau cantik dengan lebar sekitar 10 km dan kedalaman 230 meter ini bisa kamu temui hanya setelah melakukan pendakian melalui jalur Sembalun dan Senaru. Dari pendakian melalui jalur Sembalun, pendaki membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai danau berwarna biru ini. sedangkan untuk jalur Senaru, kamu perlu waktu minimal 7 jam sebelum bisa mencapai Danau Segara Anak. Ada cukup banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Danau Segara Anak seperti berkemah, berendam di air belerang hangat hingga memancing ikan.

Bagi kamu yang berminat untuk menakhlukkan puncak Rinjani, tidak perlu khawatir karena akses yang cukup mudah. Kamu bisa memulai perjalanan dari Kota Mataram menuju Sembalun di Lombok Timur dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam. Jika kamu berasal di luar kota Lombok maka kamu bisa mencari penerbangan dari kotamu ke Kota Lombok. Setelahnya, kamu harus menuju Selong, Lombok Timur menggunakan jalur darat. Dari Selong kamu bisa meneruskan perjalanan menuju Pasar Air Mel, Lombok Timur kemudian dilanjutkan menuju Sembalun. Nah sekarang kamu siap memulai pendakian. Sampai jumpa di puncak Rinjani!!!

website:           http://www.crownbaliholiday.com

google+:          https://plus.google.com/+Crownbaliholiday/about

facebook:        http://www.facebook.com/crownbaliholiday

youtube:          http://www.youtube.com/c/crownbaliholiday

google+ plus:  https://plus.google.com/+Crownbaliholiday/posts

google map:    https://goo.gl/maps/wyYwwujqop5

About the Author

on Sep 02, 2016

Latest Blog

No Comments

Leave a Reply